PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI

NELI HASDIYANTI, NELI HASDIYANTI (2019) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Neli Hasdiyanti 150088202004 PM.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Neli, Hasdiyanti. 2019. Skripsi. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Jambi : Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Batanghari Jambi. Pembimbing (I) Sri Dewi, M.Pd. (II) Relawati, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video, Aritmatika sosial, ADDIE. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan dalam pembelajaran matematika yang ditemukan dari berbagai aspek salah satunya kurangnya pengguanaan media. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial menggunakan video berbasis Powtoon untuk siswa kelas VII SMP dan mengetahui kualitas media media pembelajaran yang telah dikembangkan tersebut berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE. Model ini memiliki 5 tahapan yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementasi (Pelaksanaan), dan 5) Evaluation (Penilaian). Validasi dilakukan oleh 1 orang ahli desain, 1 orang ahli materi, dan 1 orang ahli media. Media pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan dalam 3 tahap, yaitu tahap perorangan dengan subjek 3 orang siswa, tahap uji coba kelompok kecil dengan subjek 6 orang siswa, dan tahap uji coba lapangan dengan subjek 29 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) ahli desain diperoleh hasil rata-rata 3,9 yang termasuk dalam kategori “Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 78,18% sehingga termasuk dalam kategori “Layak”. 2) ahli materi diperoleh total rata-rata 4,35 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 87,14% sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. 3) ahli media diperoleh total rata-rata 3,56 yang termasuk dalam kategori “Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 71,25% sehingga termasuk dalam kategori “Layak”. Penilaian oleh siswa dilakukan dalam 3 tahap: 1) uji coba perorangan diperoleh total rata-rata 4,05 yang termasuk dalam kategori “Baik” jika dipersentasekan mendapat nilai 81,03% sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. 2) uji coba kelompok kecil diperoleh total rata-rata 4,06 yang termasuk dalam kategori “Baik” jika dipersentasekan mendapat nilai 81,24% sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. 3) uji coba lapangan diperoleh total rata-rata 4,32 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” jika dipersentasekan mendapat nilai 86,52% sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian media pembelajaran Powtoon pada materi aritmatika sosial ini dinyatakan valid dan praktis sehingga layak digunakan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:11
Last Modified: 07 Oct 2021 04:11
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item