KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI

IKA KURNIATI, IKA KURNIATI (2019) KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Ika Kurniati 1500884202022 PM.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kurniati, Ika. 2019. Skripsi. Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi, Pembimbing (I) Drs. Hasan Basri Said, M.Pd (II) Akhmad Faisal Hidayat, M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Pemahaman Konsep, Keterampilan, Fakta, Prinsip, dan Aritmatika Sosial. Belajar dikatakan berhasil jika siswa mampu mengulangi kembali materi yang telah dipelajarinya dan mampu menyampaikan materi yang diekspresikan menggunakan bahasa sendiri serta terlihat tanda-tanda perubahan prilaku manusia sebagai akibat terjadinya proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran matematika, tentunya siswa sering mengalami hambatan, hambatan tersebut merupakan kesulitan. Kesulitan belajar ialah dimana anak didik / siswa dalam keadaan tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini ialah dua subjek yang diambil dari kelas VII D yang memiliki nilai rata-rata terendah pada Ulangan Harian materi aritmatika sosial tahun ajaran 2019/2020. Dua subjek tersebut diambil berdasarkan hasil jawaban tes aritmatika sosial yang diberikan berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan dalam lembar jawaban siswa. Instumen dalam penelitian ini adalah lembar soal aritmatika sosial dan pedoman wawancara. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial pada pemahaman konsep, keterampilan, prinsip dan fakta yang digunakan di kelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat kesulitan siswa pada pemahaman konsep, keterampilan, prinsip dan fakta yang digunakan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Siswa yang mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep seperti kesulitan saat menyatakan ulang suatu konsep. Kesulitan dalam mengklasifikasikan soal yang diberikan berkaitan dengan yang ada pada materi, siswa hanya menyatakan satu materi dari dua materi yang terkait pada soal yang diberikan. Kesulitan dalam menyajikan konsep pada berbagai representasi matematika, siswa mengoperasikan satuan harga dengan berat serta mengoperasikan langsung satuan harga dengan bentuk persen. Kesulitan siswa terkait dengan fakta matematika meliputi kesulitan dalam penulisan beberapa simbol yang digunakan. Kesulitan siswa terkait dengan keterampilan dapat dilihat dari kesulitan siswa dalam operasi hitung perkalian, penjumlahan, dan penulisan nilai tempat bilangan, serta kesulitan dalam mengoperasikan penjumlahan nilai jutaan. Kesulitan siswa terkait dengan prinsip dapat dilihat antara lain siswa tidak mengingat rumus yang digunakan, siswa tidak memahami konsep dan lambang yang digunakan, siswa juga tidak menggunakan rumus yang bersesuaian dengan apa yang ditanyakan dari soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:55
Last Modified: 09 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item