PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI SEJARAH KELAS XI DI SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI

GEA ARIDISTI, GEA ARIDISTI (2019) PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI SEJARAH KELAS XI DI SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Gea Aridisti 1500887201221 PS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aridisti, Gea, 2019. Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Sejarah Kelas XI Di SMA Islam Al-Falah Jambi. Kata Kunci: Model (Value Clarification Techqnique) VCT, Nilai-nilai Sejarah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang memahami nilai-nilai sejarah dikarenakan guru mata pelajaran sejarah masih kurang menekankan pembelajaran pada ranah afektif dan guru masih menggunakan model pembelajaran Konvensional, sehingga tujuan keseluruhan dari pembelajaran sejarah tidak maksimal tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Value Clarification Technique (VCT) dalam pembelajaran sejarah terhadap pemahaman nilai-nilai sejarah siswa kelas XI SMA Islam Al-Falah Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif jenis eksperimen. Tenik analisis data dengan melakukan uji prasyarat terlebih dahulu, uji prasyaratnya yaitu uji normalitas dan homogenitas. Setelah diperoleh data normal dan homogen maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji beda dibantu software SPSS 16. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf nyata 96% dan n=26 siswa Uji hipotesis menunujukkan t hitung 6,430, dan nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sesuai dengan keputusan kriteria jika t hitung > t tabel Dan sig (2-tailed) < 0,05 maka H ditolak dan H diterima artinya terdapat terdapat pengaruh pada mata pelajaran sejarah, dengan menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) terhadap pemahaman nilai-nilai sejarah kelas XI di SMA Islam Al-Falah Jambi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 09 Oct 2021 04:43
Last Modified: 09 Oct 2021 04:43
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item