WINDA RIANA SARI, WINDA RIANA SARI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT DI SMP MUHAMMADYAH KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.
Text
Winda Rina Sari 1400884202014.pdf Download (777kB) |
Abstract
ABSTRAK Riana Sari, Winda. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Tipe kepribadian Ekstrovert Dan Introvert Di SMP Muhammadyah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika , FKIP Universitas Batanghari, Pembimbing: (1) Aisyah, M.pd, (II) Ayu Yarmayani, M.Pd Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah matematis, siswa tipe ekstrovert dan introvert. Bidang studi matematika merupakan bidang studi yang berguna dan membantu dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Siswa sebagai salah satu komponen dalam pendidikan harus selalu dilatih dan dibiasakan berpikir mandiri untuk memecahkan masalah. Salah satu kemahiran yang harus dimiliki dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Pada dasarnya pemecahan masalah adalah belajar mengunakan metode-metode ilmiah atau berpikir secara sistematis, logis, teratur, dan teliti. Cara berpikir sistematis, logis, teratur, dan teliti siswa dapat diukur dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada soal matematika. Tujuan peneelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tipe kepribadian ekstrovert dan introvert di SMP Muhammadyah kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes kepribadian, lembar tugas memecahkan pemecahan masalah pada soal dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadyah kota Jambi. Analisis data menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari pekerjaan subjek penelitian dalam menyelesaikan soal adalah siswa tipe ekstrovert masih belum memenuhi indikator menjelaskan hasil dari soal, sedangkan siswa tipe kepribadian introvert sudah memenuhi semua indikator pemecahan masalah matematis siswa. Hasil dari wawancara yang terlihat dari ungkapan jawaban dari subjek dianalisis, sehingga hasilnya adalah siswa tipe ekstrovert kurang menjelaskan hasil pemecahan masalah pada soal yang ditulisankan di lembar jawaban hasil pemecahan masalahnya. Sedangkan siswa dengan tipe kepribadian introvert sudah memenuhi semua indikator pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 04:15 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 04:15 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/748 |
Actions (login required)
View Item |