PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 02 KOTA JAMBI

INANTA RAHMADINI LUBIS, INANTA RAHMADINI LUBIS (2020) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 02 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Inanta Rahmadani Lubis 1600884202008 FKIP.pdf

Download (733kB)

Abstract

ABSTRAK Lubis, Inanta Rahmadini. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 02 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Batanghari Jambi, Pembimbing (1) Drs. H. Harman, M.Pd. (II) Ayu Yarmayani, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri 02 Kota Jambi yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tersebut tentu banyak faktor yang menyebabkannya, misalnya dalam menjawab soal siswa hanya menuliskan cara yang sama persis dengan yang diajarkan guru. Hal ini menunjukan bahwa siswa hanya mengikuti prosedur yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada kelas VII SMP Negeri 02 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 249 siswa. Sedangkan sampel kelas VII G dan VII H, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis pada materi aritmatika sosial. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen adalah 73,66 dengan simpangan baku 11,18 dan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol 64,27 dengan simpangan baku 15,83, serta hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung 2,83 dan ttabel 1.67 pada taraf nyata 0.05, dari hasil perhitungan tersebut terlihat bahwa thitung lebih besar dari ttabel dengan demikian H1 diterima dan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) ini lebih tinggi dari pada model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:38
Last Modified: 22 Oct 2021 03:38
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item