STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN USAHATANI HIDROPONIK MAKMUR JAYA DI KELURAHAN PENYENGAT RENDAH KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI

Nur Relitha Dinda Sefira, Nur Relitha Dinda Sefira (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN USAHATANI HIDROPONIK MAKMUR JAYA DI KELURAHAN PENYENGAT RENDAH KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
SKRIPSI DINDA Agri.pdf

Download (1MB)

Abstract

INTISARI Nur Relitha Dinda Sefira. NIM 1700854201006. Strategi Pengembangan Pemasaran Hidroponik Makmur Jaya di Kelurahan Penyengat Rendah Kecamtan Telanipura Koa Jambi. Dibimbing oleh Nida Kemala dan Rizki Gemala Busyra. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan keadaan pemasaran hidroponik makmur jaya, menggambarkan kondisi internal dan eksternal pemasaran hidroponik makmur jaya, dan menggambarkan strategi pengembangan pemasaran usaha hidroponik Makmur Jaya. Penelitian ini dilaksanakan di Hidroponik Makmur Jaya. Lokasi ini ditentukan secara sengaja (purposive) dengan alasan Hidroponik Makmur Jaya merupakan salah satu hidroponik yang ada dan masih aktif yang berada di Penyengat Rendah. Ruang lingkup dari penelitian ini difokuskan pada keadaan pemasaran, faktor internal dan eksternal lingkungan pemasaran hidroponik makmur jaya dan strategi pengembangan pemasaran Hidroponik Makmur Jaya. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Juni 2021. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif baik kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan dari Hidroponik Makmur Jaya adalah kegiatan penawaran yang dilakukan kepada khalayak ramai dimana konsumen langsung mendatangi greenhouse, penetapan harga jual hidroponik Makmur Jaya lebih murah dibandingkan dengan hidroponik lain, Keterampilan Tenaga Kerja cukup baik, kelemahannya aadalah desain dan packaging yang kurang menarik. Sedangkan untuk peluang dari hidroponik Makmur Jaya adalah harga yang lebih murah dan adanya dukungan dari pemerintah, dan ancamannya adalah tidak adanya permintaan khusus untuk event tertentu. Berdasarkan matrik IE posisi strategi pemasaran di tingkat agroindustri berada di sel IV karena total IFE 4,06 dan total rata-rata EFE 2,49. Hal ini mengindikasikan bahwa Hidroponik Makmur Jaya membutuhkan pengembangan agar bisa terus tumbuh dan maju. Strategi S-O, Menambah penawaran ke pangsa pasar baru (swalayan dan toserba), hotel da kafe, Meningkatkan penawaran hidroponik makmur jaya melalui operasi pasar dan bazar, Mengoptimalkan dukungan pemerintah yang sudah ada untuk meningkatkan pemasaran. Strategi S-T, Membuat strategi untuk memperbaiki daya tarik produk (Kemasan yang lebih menarik), Mempertahankan harga produk agar penjualan tetap stabil. Strategi W-O, Meningkatkan kualitas pemasaran dan memperluas pangsa pasar dengan menambah frekuensi operasi pasar dan bazar, Memfokuskan peningkatan kualitas kemasan produk dengan mengoptimalkan dukungan pemerintah. Strategi W-T, Meningkatkan kualitas hidroponik dan mempertahankan harga, Meningkatkan kualitas sumberdaya dalam pemasaran produk.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:13
Last Modified: 27 Oct 2021 03:13
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item