NUR ENDAH RATNASARI, 1700884202017 (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PARTICIPANT CENTERED LEARNING (PCL) PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.
![]() |
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (30kB) |
![]() |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (95kB) |
![]() |
Text
06. BAB I.pdf - Published Version Download (336kB) |
![]() |
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (146kB) |
![]() |
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (98kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PARTICIPANT CENTERED LEARNING (PCL) PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP)
NUR ENDAH RATNASARI 1700884202017.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini yaitu di SMP Negeri 7 Batanghari, bahan ajar yang digunakan oleh guru adalah buku cetak yang disediakan pemerintah dan buku mandiri yang hanya berisi kumpulan soal matematika saja. Guru hanya menggunakan media papan tulis, dimana siswa masih banyak yang kurang fokus terhadap pembelajaran khususnya matematika sehingga dibutuhkan suatu bahan ajar yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran serta aktif dalam berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika berbasis berbasis participant centered learning (PCL) Pada Materi Bentuk Aljabar dikelas VII SMP, (2) Mendeskripsikan kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika berbasis berbasis participant centered learning (PCL Pada Materi Bentuk Aljabar dikelas VII SMP yang ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembanggan ADDIE.Pengembangan media pembelajaran menggunakan LKPD pada materi Bentuk aljabar menggunakan model ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap design, tahap development, tahap implementation, dan tahap evaluation. Kemudian kualitas LKPD Berbasis PCL pada aspek kevalidan dilihat dari hasil validasi yang meliputi materi, desain, dan media. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Hasil validasi ahli materi, ahli desain dan media menyatakan LKPD berbasis PCLyang telah dikembangkan sangat baik digunakan dalam pembelajaran dengan presentase kelayakan menurut ahli materi sebesar 80,67%, ahli desain dan media sebesar 83,75%. Hasil persepsi peserta didik diperoleh persentase sebesar 82,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes kepada peserta didik yang mendapat persentase ketuntasan sebesar 82,14%. mencapai kriteria efektif
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan LKPD, Participant centered learning (PCL), Bentuk aljabar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 16 May 2025 06:32 |
Last Modified: | 16 May 2025 06:32 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |