PENGARUH SOCIAL MEDIA , FINANCIAL LITERACY DAN QU A L ITY OF INF OR MA T IO N TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Studi Kasus Mahasiswa Anggota KSPM Universitas Jambi)

RABIA SURYA MAUNA MUTIQUM, 2100861201219 (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA , FINANCIAL LITERACY DAN QU A L ITY OF INF OR MA T IO N TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Studi Kasus Mahasiswa Anggota KSPM Universitas Jambi). skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (PENGARUH SOCIAL MEDIA , FINANCIAL LITERACY DAN QU A L ITY OF INF OR MA T IO N TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Studi Kasus Mahasiswa Anggota KSPM Universitas Jambi))
RABIA SURYA MAUNA MUTIQUM 2100861201219.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh simultan dan parsial media sosial, literasi keuangan, dan kualitas informasi terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Jambi. Teknik analisis yang digunakan meliputi regresi linier sederhana, uji hipotesis, analisis korelasi, koefisien determinasi (R²), dan uji t. Universitas Jambi merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Provinsi Jambi yang didirikan pada Maret 1963. Saat ini, Universitas Jambi memiliki sembilan fakultas dan sembilan puluh dua program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen (media sosial, literasi keuangan, dan kualitas informasi) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel dependen (minat investasi). Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel serta nilai signifikansi < 0,005. Persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh adalah: Y = 8,027 + 0,237 X₁ + 0,421 X₂ + 0,100 X₃. Selain itu, variabel independen mampu menjelaskan pengaruh terhadap variabel dependen sebesar 89,3% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,893. Kesimpulan: Media sosial, literasi keuangan, dan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Investasi, Media Sosial, Literasi Keuangan, Kualitas Informasi, Pasar Modal, Mahasiswa, Universitas Jambi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 20 May 2025 01:04
Last Modified: 20 May 2025 01:04
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/4004

Actions (login required)

View Item View Item