PENGARUH METODE FISH BOWL TERHADAP BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMAN 8 KOTA JAMBI

DIAH PRATIWI, DIAH PRATIWI (2022) PENGARUH METODE FISH BOWL TERHADAP BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMAN 8 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas batanghri.

[img] Text
DIAH PRATIWI 1800887201009.pdf

Download (748kB)

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Diah. 2022. Skripsi. Pengaruh Metode Fish Bowl Terhadap Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 8 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Pembimbing I: Satriyo Pamungkas, M.Pd. Pembimbing II: Ferry Yanto, S.Pd., M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh metode Fish Bowl terhadap berfikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 8 Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022? Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen Design). Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 284 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling, sehingga terpilih 35 orang siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol dan 35 orang siswa kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menyebarkang angket kepada responden penelitian serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji t dengan menggunakan program SPSS For Windows Version 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil Pre-Test & Post-Test Kelas Eksperimen memperoleh jumlah nilai 4187. (2) hasil Pre-Test & Post-Test Kelas Kontrol memperoleh jumlah nilai 3344. Selanjutnya dapat dilihat dengan analisis yang digunakan menggunakan Uji Normalitas dengan hasil nilai signifikasi, 0,040 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal, dilanjutkan analisi Uji Homogenitas dengan hasil Sig. Levene statistic > 0,05 yaitu 0,280 > 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa data penelitian adalah homogen, dan uji t -34.104 dan nilai sig 0,000. Sehingga, nilai Sig. 0,000 <0,05 maka H o hitung ditolak. Artinya, Terdapat pengaruh signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Fish Bowl terhadap berfikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti peroleh, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Metode Fish Bowl terhadap berfikir kritis siswa pada mata pelajaran

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:45
Last Modified: 26 Sep 2022 02:45
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1246

Actions (login required)

View Item View Item