PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

IARA ANANDA DAS ALECTA. M, IARA ANANDA DAS ALECTA. M (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
SKRIPSI TIARA ANANDA DAS ALECTA..pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK M. Alecta Tiara Ananda Das.2022. Skripsi. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi”. Dosen Pembimbing I: Lili Andriani, S.Pd.MM ; Dosen Pemimbing II: Diliza Afrila, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kota jambi. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Dimana populasi dalam penelitian ini sebanyak 139 peserta didik dengan sampel penelitian 103 peserta didik. Adapun teknik pengelolaan data dalam penelitian ini yaitu Uji Validitas instrumen penelitian Uji Reabilitas Penelitian, Analisis Deskriptif Kuantitatif, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Kota Jambi pada mata pelajaran ekonomi memperoleh TCR sebesar 67,674% yang dikategorikan cukup baik. Dari 103 peserta didik dikelas XII IPS terdapat 34 peserta dikik yang memperoleh nilai diatas KKM, dan 17 peserta didik memperleh nilai sama dengan KKM, sedangkan 52 peserta didk lainya mendapatakan niai di bawah KKM. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis maka diketahui terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. Hal ini dilihat dari t hitung lebih besar dari pada t tabel (2.188 > 1.9834) pada tingkat signifikan 0,05. Maka H a diterima dan H ditolak, artinya adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap variabel hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi . berdasarkan tabel koefisiens model Summary o diketahui besarnya pengaruh variabel pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 21,3%. Pada tabel R Square sebesar 4,5% yang menunjukan adanya pengaruh variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:34
Last Modified: 16 Nov 2022 07:34
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item View Item