PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

Viola Chalina, 1900887203013 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI)
VIOLA CHALINA SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Chalina Viola. 2023. Skripsi. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS Di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Dosen pembimbing I: Drs. Kasiono, M.Pd ; Dosen Pembimbing II : Pratiwi Indah Sari., S.Pd., M.M., M.Pd.E. Kata Kunci : Ekonomi, Motivasi Belajar, Student Teams Achievement Devision (STAD) Dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan serta diterapkan dalam proses belajar ekonomi. Metode pembelajaran model Student Teams Achievement Devision (STAD) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada adanya aktifitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XII IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan hipotesis asosiatif, yaitu suatu pernyataan yang menunjukkan dugaan tentang hubungan antara dua variabel atau lebih. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS 4, XII IPS 5 dan XII IPS 6 SMA Negeri 8 Kota Jambi yang terdiri dari satu kelas, yaitu berjumlah 110 orang siswa. Berdasarkan perhitungan jumlah sampel yang dipilih dalam penelitian adalah berjumlah 99 orang. Tingginya hasil belajar siswa di kelas XII IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi yakni ada 40,4% siswa mendapat hasil belajar diatas KKM. Motivasi Belajar siswa di kelas XII IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai TCR sebesar 65.9%.Terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Hal ini terbukti dengan nilai B constant sebesar 26.574 dan nilai X sebesar 1.108. Maka dari nilai tersebut dapat dibuat persamaan regresi sederhana yakni Y= a + bX adalah Y = 26.574 + 1.108X dengan nilai t hitung sebesar 9.169.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi, Motivasi Belajar, Student Teams Achievement Devision (STAD)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: mita perpus unbari
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:22
Last Modified: 10 Apr 2023 07:22
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2481

Actions (login required)

View Item View Item