STRATEGI PEMANFAATAN ANALISIS SWOT TERHADAP PENYESUAIAN KOMPETENSI LULUSAN PESERTA DIDIK DI SMKN 2 KOTA JAMBI

Meitri Gita Kusuma Wardhani, 2000887203007 (2024) STRATEGI PEMANFAATAN ANALISIS SWOT TERHADAP PENYESUAIAN KOMPETENSI LULUSAN PESERTA DIDIK DI SMKN 2 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text
06. BAB 1.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (STRATEGI PEMANFAATAN ANALISIS SWOT TERHADAP PENYESUAIAN KOMPETENSI LULUSAN PESERTA DIDIK DI SMKN 2 KOTA JAMBI)
Meitri Gita Kusuma Wardhani 2000887203007.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Analisis SWOT, Kompetensi Lulusan Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 2 Kota Jambi bertujuan untuk mengetahui relevansi kompetensi lulusan peserta difik melalui pemanfaatan analisis SWOT yang diberikan oleh pihak sekolah serta untuk mengetahui apakah keterserapan peserta didik untuk memasuki DU/DI tergolong rendah atau tinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah perangkat sekolah SMK Negeri 2 Kota Jambi yang membuat dan mengembangkan program untuk diberikan kepada peserta didik dengan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: Tipelogi satuan dan Penyusunan satuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dikembangkan oleh pihak sekolah terhadap penyesuaian kompetensi lulusan peserta didik dapat dilihat melalui program-program yang telah diberikan oleh pihak sekolah terhadap peserta didik. Pengimplementasian program tersebut bertujuan agar peserta didik dapat menguasai program keahliannya sehingga memiliki keterampilan (skill) dan keahlian pada bidangnya masing- masing agar mampu bersaing di dunia usaha dan dunia industri. Namun, keterserapan lulusan peserta didik terhadap dunia usaha dan dunia industri masih tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri tidak sebanding. Oleh karena itu, hal tersebut menjadi tantang secara terus menerus bagi pihak sekolah untuk lebih meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengembangan program yang telah dibangun.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Kompetensi Lulusan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 29 May 2024 03:24
Last Modified: 29 May 2024 03:24
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3238

Actions (login required)

View Item View Item