PENENTUAN NILAI EKUIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) PADA BUNDARAN TUGU JUANG KOTA JAMBI

IQBAL ALHADI, 1900822201006 (2024) PENENTUAN NILAI EKUIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) PADA BUNDARAN TUGU JUANG KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (PENENTUAN NILAI EKUIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) PADA BUNDARAN TUGU JUANG KOTA JAMBI)
IQBAL ALHADI 1900822201006.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kota Jambi merupakan salah satu kota yang mengalami peningkatan besar pada jumlah penduduk. Hal ini secara langsung dan tidak langsung akan menyebabkan bertambahnya jumlah lalu lintas di jalan. Bundaran Tugu Juang Kota Jambi adalah salah satu bundaran yang terletak di pusat kota, adapun jumlah kendaraan yang melintas cukup besar dan arus kontinu dengan proporsi iringan kendaraan yang bervariasi, terutama jenis kendaraan sepeda motor/motorcycle (MC) dan kendaraan ringan/light vehicle (LV). Untuk mengatasi nya diperlukan nilai ekuivalen mobil penumpang (EMP). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai emp dari motorcycle (MC) dan heavy vehicle (HV) kemudian dibandingkan dengan nilai MKJI 1997. Penelitian ini menggunakan metode time headway dan metode Analisis Regresi Linier di Bundaran Tugu Juang Kota Jambi, terhadap light vehicle (LV), heavy vehicle (HV), dan motorcycle (MC). Pengamatan dilakukan dari jam 16.00 - 18.00 WIB. Hasil analisis menunjukkan, Nilai emp hasil perhitungan menggunakan metode time headway untuk Motorcycle (MC) yaitu 0,44 lebih kecil dari MKJI 1997, nilai emp Heavy Vehicle (HV) yaitu 1,30 sama dengan MKJI 1997. Sedangkan untuk metode analisis regresi linier berganda Nilai emp untuk Motorcycle (MC) yaitu 0,26 lebih kecil dari MKJI 1997 dan nilai emp Heavy Vehicle (HV) yaitu 1,52 mengalami kenaikan atau lebih besar jika dibandingkan dengan MKJI 1997. Hal ini menunjukkan keadaan lalu lintas di Bundaran Tugu Juang Kota Jambi, hari senin pada jam puncak sore hari 16.00 - 18.00 WIB tidak terjadi kemacetan dan kondisi bundaran masih bisa melayani kebutuhan untuk arus lalu lintas. Kata Kunci: emp; Time Headway; Analisis Regresi Linier; MKJI 1997.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: emp; Time Headway; Analisis Regresi Linier; MKJI 1997.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:25
Last Modified: 08 Jul 2024 02:25
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item