PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 9 KOTA JAMBI

Putri Anadia Azwari, 2000887203015 (2024) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 9 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text
06. BAB 1.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 9 KOTA JAMBI)
Putri Anadia Azwari 2000887203015.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran dukungan orang tua, fasilitas belajar, dan hasil belajar siswa, 2) Pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar siswa, 3) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, 4) Pengaruh dukungan orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 9 Kota Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yakni regresi linear berganda, adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Dimana populasi dalam penelitian ini sebanyak 252 siswa dengan sampel 155 siswa. Adapun Teknik uji instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, sementara uji konsumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan, uji analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji regresi sederhana, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata TCR (X1) 79,64%, dan fasilitas belajar (X2) dengan nilai rata-rata TCR 78,33% termasuk kategori baik. Diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan nilai kurang dari 75 sebanyak 119 siswa sedangkan yang memperoleh nilai di atas 75 sebanyak 36 siswa. Terdapat pengaruh signifikan antara dukungan orang tua terhadap hasil belajar yang dapat dilihat dari thitung > ttabel yaitu sebesar 5,431 > 1,6547 dengan signifikan 0,015. Terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar yang dapat dilihat dari thitung > ttabel yaitu 4,755 > 1,6547 dengan nilai signifikan 0,002. Terdapat pengaruh dukungan orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 14,068 > 3,06.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:41
Last Modified: 28 Aug 2024 02:41
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item