STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERUPUK IKAN NILA (Studi Kasus Usaha Ibu Jamelia Di Desa Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi)

NECI ARIANTI, 2000854201014 (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERUPUK IKAN NILA (Studi Kasus Usaha Ibu Jamelia Di Desa Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi). skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text
11. BAB VI.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (STRATEGI iPENGEMBANGAN iUSAHA iKERUPUK iIKAN iNILA (Studi iKasus iUsaha iiIbu iiJamelia iDi iDesa iSungai iDuren iKecamatan iJambi iLuar iKota iKabupaten iMuaro iJambi))
NECI ARIANTI 2000854201014.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keadaan usaha usaha, kondisi internal dan eksternal usaha, menganalisis dan menentukan strategi yang sesuai dilakukan dalam mengembangkan usaha, dan menganalisis prioritas strategi yang tepat dalam mengembangkan usaha kerupuk ikan nila ibu Jamelia di Desa Sungai Duren. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan metode analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Keadaan usaha kerupuk ikan nila ibu Jamelia memiliki tempat yang bagus baik dari peralatan, bahan baku dan lokasi pemasarannya. Proses produksi dilakukan setiap 3 kali dalam seminggu, yang mampu menghasilkan 9 kg adonan kerupuk ikan nila untuk setiap 1 kali produksinya, hasil produksi kerupuk ikan nila dijual seharga Rp. 50.000/kg dan dipasarkan ke warung setempat atau melalui via Whatsapp dan Facebook. Kondisi lingkungan internal menunjukkan bahwa sumber daya manusia dengan tingkat Pendidikan SMP dan SLTA, sangat terampil dan sudah berpengalaman selama 4 tahun. Sumber modal berasal dari modal sendiri. Produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus namun produk di produksi tidak rutin. Lokasi usaha dekat dengan warung penitipan kerupuk berjarak 1-5 km dan memiliki akses yang sangat lancar bisa diakses dengan roda dua maupun roda empat dan memiliki akses air dan listrik lancar. Harga jual produk yang dipasarkan jauh lebih murah dari pangsa pasar lain dan harga produknya stabil. Pemasaran yang efesien dari segi kendaraan operasionalnya dan usaha kerupuk ikan nila ibu Jamelia harus memiliki kemasan dan kerja sama dengan pangsa pasar lainnya. Kondisi lingkungan eksternal yaitu, permintaan target pasar dari pesanan online yang banyak tapi belum tersuplay. Teknologi IT yang mendukung dalam perkembangan usaha kerupuk ikan nila ibu Jamelia. Kebijakan pemerintah yang belum ada sampai saat ini untuk membantu mengembangkan usaha kerupuk ikan nila ibu Jamelia. Pesaing sejenis yang banyak (diatas 5 agroindustri). Usaha kerupuk ikan nila ibu Jamelia harus meningkatkan kulitas produk dan mengembangkan produknya. Nilai score rata-rata tertimbang IFE adalah 3,23 dan EFE adalah 1,59 dapat digambarkan pada matriks IE yang terletak di sel VII yang menunjukkan strategi tingkat perusahaan pada Hold and Maintain (pertahankan dan pelihara). 4) Prioritas strategi yang tepat menggunakan matriks QSPM adalah meningkatkan promosi yang bisa menarik konsumen dengan nilai TAS tertinggi (6,63).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran yang efesien
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:14
Last Modified: 29 Aug 2024 03:14
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item View Item