ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKAPADA MATERI MATRIKS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI KELAS XI F7

SRI WIJI LESTARI, 2000884202003 (2024) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKAPADA MATERI MATRIKS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI KELAS XI F7. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKAPADA MATERI MATRIKS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI KELAS XI F7)
SRI WIJI LESTARI 2000884202003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal matris. Penelitian ini berdasarkan pada hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran matematika SMA Negeri 8 Kota Jambi yang menyatakan bahwa salah satu materi yang dianggap sulit untuk dipahami siswa adalah materi matris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami peserta didik dalam belajar matematika pada pokok bahasan matris. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI F SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini bersifat kualitatif karena data yang dianalisis adalah data kualitatif yaitu berupa informasi kesulitan yang dialami siswa, dan menggunakan persentase untuk menggambarkan tingkat kesulitan yang dialami siswa sesuai dengan tipe kesulitan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes berupa tes uraian sebanyak 5 item soal dan wawancara untuk memastikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matemaika pokok bahasan matris. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kesulitan yang dialami peserta didik dibagi dalam tiga tipe kesulitan. Kesulitan tipe I merupakan kesulitan peserta didik dalam memahami konsep dasar dan rumus-rumus matriks, dan kesulitan tipe II, merupakan kesulitan peserta didik dalam proses dan hasil perhitungan matriks. Tingkat kesulitan tipe I (yaitu pemahaman konsep) dianggap tinggi dibandingkan dengan kesulitan tipe lainnya. Dimana persentase kesulitan peserta didik dalam pemahaman konsep adalah 51%. Peserta didik mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep karena peserta didik tidak menguasai dengan baik materi tentang matriks. Sedangkan tingkat kesulitan tipe III (yaitu proses perhitungan) merupakan persentase terendah adalah 48 %.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi Matriks
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 02 Nov 2024 02:06
Last Modified: 02 Nov 2024 02:06
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3559

Actions (login required)

View Item View Item