PUTRI PADLYA, 2000884202007 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 TANJUNG JABUNG BARAT. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (112kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (817kB) |
|
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (231kB) |
|
Text
06. BAB I.pdf - Published Version Download (211kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (179kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (199kB) |
|
Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 TANJUNG JABUNG BARAT.)
PUTRI PADLYA 2000884202007.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dalam literasi matematis terdapat salah satu faktor yang dapat memengaruhi kemampuan literasi matematis siswa yaitu jati diri atau kepribadian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa berkepribadian introvert dan siswa berkepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan program linear. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kemudian setelah diberikan angket tipe kepribadian diambil 5 siswa dengan tipe ekstrovert dan 5 siswa dengan kepribadian introvert. Metode pengumpulan data digunakan dengan purposive sampling. Pemilihan subjek dilakukan dengan memberikan angket tipe kepribadian dengan bertujuan untuk mengelompokan siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Metode pengumpulan data menggunakan angket tipe kepribadian,tes kemampuan literasi matematika dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Uji validitas dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas dengan triangluasi subjek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kepribadian introvert mendapatkan hasil literasi matematis lebih baik dibandingkan tipe kepribadian ekstrovert, berdasarkan indikator kemampuan literasi matematika siswa dengan tipe kepribadian introvert telah memenuhi indikator, yang dimulai dari perumusan masalah, yang mana dalam mengerjakan soal, menuliskan masalah yang harus diketahui dan diselesaikan pada soal,serta mengerjakan dengan baik dengan menggunakan konsep atau rumus yang sesuai, serta mengerjakan dengan baik dengan menggunakan konsep atau rumus yang sesuai, serta mampu menafsirkan hasil pada wawancara. Sedangkan kepribadian ektrovert memperoleh nilai tes dibawah nilai tipe kepribadian introvert, namun tipe ini juga sudah baik dalam mengerjakan soal, namun ada beberapa indikator literasi matematika belum diterapkan dengan baik. Seperti ada beberapa yang tidak menuliskan permasalahan yang diketahui pada soal, serta menggunkan konsep atau rumus yang berbeda, serta ada yang belum mampu mengerjakan soal dengan baik.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Matematika, Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 02:15 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 02:15 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3560 |
Actions (login required)
View Item |