IDENTIFIKASI PEMERIKSAAAN KONDISI JEMBATAN SEI BENIT DI RUAS JALAN NASIONAL UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS KINERJA JEMBATAN

ARIF INDRIYANTO, 2000822201076 (2024) IDENTIFIKASI PEMERIKSAAAN KONDISI JEMBATAN SEI BENIT DI RUAS JALAN NASIONAL UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS KINERJA JEMBATAN. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (IDENTIFIKASI PEMERIKSAAAN KONDISI JEMBATAN SEI BENIT DI RUAS JALAN NASIONAL UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS KINERJA JEMBATAN)
ARIF INDRIYANTO 2000822201076.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sistem pengelolaan dan pemeliharaan jembatan yaitu Bridge Management System (BMS) 1993 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat khususnya bidang Bina Marga menilai jembatan sebagai objek dalam penentuan kondisinya (Sudrajat et al., 2015; Hariman et al., 2007). Namun, proses penilaian ini tidak dilakukan secara komprehensif untuk aspek lainnya dengan kondisi yang sama sehingga hasil penilaian kondisi dianggap masih bersifat subyektif dari sudut pandang inspektor jembatan yang melakukan inspeksi secara manual dan visual di setiap level elemen (Sulystianingsih, 2015). Proses penilaian yang dilakukan berupa screening secara teknis, berdasarkan Nilai Kondisi (NK) jembatan, dan secara ekonomi, dimana hasil dari kedua proses penilaian ini digunakan untuk mendapatkan rangking program pekerjaan (Ompusunggu et al., 2009). Setelah Diidentifikasi dan di Periksa kerusakan Jembatan Sei Benit Kondisi dapat dikatakan bahwa adanya beberapa elemen yang memerlukan pemantaun dan pemeliharaan berkala, Penilaian Elemen Kondisi Jembatan Menggunakan Metode Bridge Manajemen System adalah Perkerasan Jalan Pendekat dengan Nilai Kondisi 1 yang artinya Elemen mengalami kerusakan ringan, hanya memerlukan pemeliharaan rutin, Aliran Sungai Dengan Nilai Kondisi 2 yang artinya Elemen mengalami Kerusakan yang memerlukan pemantauan dan pemeliharaan berkala, Hasil Nilai Kondisi Jembatan di dapat nilai kondisi 2 Yang Artinya Jembatan/elemen pada jembatan Sei Benit mengalami kerusakan yang memerlukan pemantauan dan pemeliharaan berkala.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: (BMS) Bridge Manajemen Sistem, Jembatan, Identifikasi, Prioritas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 13 Nov 2024 05:02
Last Modified: 13 Nov 2024 05:02
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3700

Actions (login required)

View Item View Item