M. ILHAM, 1700822201070 (2024) ANALISA PENILAIAN KONDISI JALAN MENGGUNAKAN METODE INTERNASIONAL ROUGHNESS INDEKS (IRI) DIRUAS JALAN SP TUAN BATAS KOTA JAMBI. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (43kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (100kB) |
|
Text
06. BAB I.pdf - Published Version Download (159kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (104kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (9kB) |
|
Text (ANALISA PENILAIAN KONDISI JALAN MENGGUNAKAN METODE INTERNASIONAL ROUGHNESS INDEKS (IRI) DIRUAS JALAN SP TUAN BATAS KOTA JAMBI)
M. ILHAM 1700822201070.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Jalan merupakan elemen krusial dalam sistem transportasi yang mendukung mobilitas manusia, barang, dan jasa antar wilayah. Sarana transportasi yang efisien memungkinkan pergerakan dari kawasan A ke kawasan B. Kondisi jalan yang baik menjadi manifestasi dari perkembangan dan pembangunan prasarana transportasi yang berkualitas. Kemampuan layanan jalan akan semakin menurun seiring dengan semakin lamanya umur pakai jalan hingga pada suatu saat jalan tersebut berada dalam kondisi yang dirasakan mulai terganggu kelancarannya. Program penilaian kondisi jalan perlu dilakukan sebagai penentu program evaluasi apa yang perlu dilakukan guna menangani kerusakan yang terjadi pada perkerasan jalan. Pemilihan jenis pemeliharaan jalan dapat dilakukan dengan penilaian tingkat permukaan jalan, pengukuran nilai permukaan jalan dapat diperoleh dengan menggunakan Metode IRI. Penilaian kondisi jalan perlu dilakukan secara periodik baik struktural maupun non struktural. Nilai kondisi jalan ini nantinya dijadikan acuan untuk menentukan jenis program evaluasi yang harus dilakukan, apakah itu program peningkatan; pemeliharaan berkala; atau pemeliharaan rutin. Dalam pengumpulan data kerusakan pada ruas Jalan Simpang Tuan Batas Kota Jambi dengan Setelah di ukur ketika survey panjang jalan 27,870 km dan lebar jalan 6 m dilakukan dengan survey kondisi perkerasan jalan. Survei dilakukan secara visual dengan menggunakan beberapa alat dan membagi ruas jalan menjadi beberapa segmen dengan perkerasan lentur (flexible pavement). International Roughness Index (IRI) atau ketidakrataan permukaan adalah parameter ketidakrataan yang dihitung dari jumlah kumulatif naik turunnya permukaan arah profil memanjang dibagi dengan jarak/panjang permukaan yang diukur seperti terlihat pada Untuk mengetahui tingkat kerataan permukaan jalan dapat dilakukan pengukuran salah satunya dengan menggunakan alat Roaddroid. Roadroid.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkembangan dan pembangunan prasarana transportasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 16 Nov 2024 06:50 |
Last Modified: | 16 Nov 2024 06:50 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3714 |
Actions (login required)
View Item |