PENGARUH PENGGUNAAN PLAT NOMOR KENDARAAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

Eka Nurlita Maharani, 2000887201005 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN PLAT NOMOR KENDARAAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (751kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14kB)
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN PLAT NOMOR KENDARAAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI)
EKA NURLITA MAHARANI 200887201005 .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan palat nomor kendaraan sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi. Metode penelitian yang menjadi populasi padapenelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Kota Jambi, sampel pada penelitian ini sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian yang akan dilakukan ini yaitu tes soal essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dilakukan oleh kelas XI F.1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI F.2 sebagai kelas eksperimen dalam pembelajaran nilai-nilai perjuangan pada proklamasi kemerdekaan ialah, kelas eksperimen yakni kelas XI F.2 mendapatkan nilai rata-rata posttest sebesar 86,25 lain halnya nilai untuk kelas kontrol yakni kelas XI F.1 memperoleh rata- rata sebesar 72,92. Hal tersebut menunjukkan bahwa kelas XI F.2 (Eksperimen) dan kelas XI F.1 (Kontrol) mengalami perbedaan rata-rata yang cukup signifikan yakni perbandingan sebesar 8,2. Sedangkan dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2- tailed) yaitu 0,000 dengan nilai signifikan 0,05 dimana 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan penggunaan media pembelajaran plat nomor kendaraan terhadap hasil belajar sejarah kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi berpengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:44
Last Modified: 19 Nov 2024 03:44
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item