RIFIANDI ARFINDO, 1700861201369 (2024) PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA DI KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.
![]() |
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (34kB) |
![]() |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (192kB) |
![]() |
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (93kB) |
![]() |
Text
06. BAB I.pdf - Published Version Download (256kB) |
![]() |
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (95kB) |
![]() |
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (59kB) |
![]() |
Text (PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA DI KOTA JAMBI)
RIFIANDI ARFINDO 1700861201369.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Citra merek memiliki peran yang sangat penting dalam memengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana citra merek dan keputusan pembelian terbentuk dalam konteks pembelian sepeda motor Yamaha di Kota Jambi, serta untuk menganalisis sejauh mana citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat Kota Jambi yang berjumlah 627.832 jiwa pada tahun 2023. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus dari Sugiyono (2013:56), sehingga diperoleh 100 responden sebagai sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 23 dan pendekatan regresi linier sederhana, dengan model persamaan: Y = a + bX + e Hasil analisis menunjukkan persamaan regresi: Y = 0,856 + 0,321X + e Artinya, setiap peningkatan satu satuan dalam citra merek (X) akan meningkatkan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,321 satuan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,355 atau 35,5% menunjukkan bahwa citra merek mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 35,5%. Sementara itu, sisanya sebesar 64,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 5,207, sedangkan ttabel sebesar 1,98447. Karena nilai thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di Kota Jambi.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 24 May 2025 01:35 |
Last Modified: | 24 May 2025 01:35 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/4007 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |