ANALISA FLEKSIBEL DI KABUPATEN MERANGIN DENGAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DALAM MENILAI KERUSAKAN LAPISAN PERMUKAAN JALAN

BINTA ZOELVIA, 1500822201138 (2025) ANALISA FLEKSIBEL DI KABUPATEN MERANGIN DENGAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DALAM MENILAI KERUSAKAN LAPISAN PERMUKAAN JALAN. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (ANALISA FLEKSIBEL DI KABUPATEN MERANGIN DENGAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DALAM MENILAI KERUSAKAN LAPISAN PERMUKAAN JALAN)
BINTA ZOELVIA 1500822201138.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur jalan memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat. Jalan yang baik akan meningkatkan aksesibilitas terhadap pusat kegiatan ekonomi, pendidikan, serta sosial, sedangkan jalan yang rusak dapat menghambat distribusi barang dan jasa serta menurunkan keselamatan pengguna jalan. Kabupaten Merangin sebagai salah satu daerah berkembang di Provinsi Jambi memiliki sejumlah ruas jalan yang mengalami penurunan kondisi akibat faktor usia perkerasan, curah hujan tinggi, dan beban kendaraan berat yang melintas setiap hari. Kondisi ini menuntut adanya analisis yang terukur untuk mengetahui tingkat kerusakan jalan agar dapat dilakukan penanganan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kerusakan permukaan jalan pada ruas Jalan Bangko–Kerinci, khususnya dari Kecamatan Sungai Manau Km.45 hingga Kecamatan Renah Pembarap Km.40, dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Metode PCI digunakan untuk menilai kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan kerusakan yang terjadi. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi jenis kerusakan seperti retak kulit buaya, lubang, retak memanjang, pengelupasan butir, dan berbagai bentuk kerusakan lainnya yang sering terjadi pada jalan beraspal. Data penelitian diperoleh melalui survei lapangan yang mencakup pengukuran luas dan tingkat kerusakan pada setiap segmen jalan dengan panjang 100 meter. Selanjutnya, data diolah untuk menentukan nilai PCI pada setiap segmen, sehingga dapat diketahui tingkat pelayanan dan kualitas struktur jalan. Hasil analisis menunjukkan variasi tingkat kerusakan yang memerlukan prioritas penanganan berbeda, mulai dari pemeliharaan rutin hingga perbaikan struktural. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pemerintah daerah Kabupaten Merangin dalam pengambilan keputusan terkait program pemeliharaan dan rehabilitasi jalan. Selain itu, hasil kajian ini juga bermanfaat bagi kontraktor, konsultan, dan kalangan akademisi sebagai referensi dalam memahami metode penilaian kondisi jalan menggunakan pendekatan PCI, serta sebagai bahan perbandingan untuk penelitian sejenis di wilayah lain.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pavement Condition Index, Kerusakan Jalan, Jalan Bangko–Kerinci, Kabupaten Merangin, Analisis Perkerasan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 20 Dec 2025 02:55
Last Modified: 20 Dec 2025 02:55
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/4428

Actions (login required)

View Item View Item