PENGARUH SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

NOVITA SARI, NOVITA SARI (2019) PENGARUH SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Novita Sari 1500887203018 PE.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Novita. 2019. Skipsi.PengaruhSikap Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. PembimbingI: Lili Andriani, S.Pd,MM dan Pembimbing II: Deliza Afrila, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Sikap Belajar , Hasil Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (I)gambaran sikap belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi, (2) pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah metode survei. Populasi yang dari 4 (empat) kelas berjumlah 160 orang siswa. Tekni pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportional random samplingsehingga terpilih 114 orang siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket (kuesioner) kepada respondenpenelitian serta dokumentasi.Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhanadengan menggunakan program SPSS for Windown Version 20. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti peroleh, pada sikap belajar yang terdiri dari : (1) Teacher Approval (TA): yang berhubungan dengan materi yang disajikan praktik, tugas dan persyaratan yang ditetapkan disekolah menunjukkan bahwa rata-rata siswa pada indikator tersebut 3,26% dengan nilai TCR sebesar 65% ini beearti pada indikator sikap belajar siswa pada Teacher Approval (TA) masih cukup baik . (2) Education Acceptance (AE): pandangan siswa terhadap guru, tingkah laku mereka dikelas dan cara mengajar dengan rata-rata 3,17% dengan nilai TCR 63%. Ini berarti pada indikator sikap belajar siswa pada Education Acceplance (AE) masih cukup baik.Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 8 kota jambi.hal ini ditentukan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05. vi

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 07 Oct 2021 02:43
Last Modified: 07 Oct 2021 02:43
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item