BALKIS NAPILA, 2000884202004 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 TANJUNG JABUNG TIMUR. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (55kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (711kB) |
|
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (164kB) |
|
Text
06. BAB I.pdf - Published Version Download (386kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (164kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (104kB) |
|
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 TANJUNG JABUNG TIMUR)
BALKIS NAPILA 2000884202004.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan geogebra terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Negeri 23 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desaian penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 42 siswa, sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh dua kelas sampel yang diberi perlakuan berbeda. Kelas sampel tersebut adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebeagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari empat soal uraian. Dari hasil analisis data yang dilakukan didapat nilai rata-rata kelas eksperimen untuk pretest adalah 14,29 dan posttest 44,05 dengan simpangan baku kelas eksperimen pretest adalah 8,26 dan posttest 17,58 dan nilai rata-rata kelas kontrol untuk pretest adalah 12,38 dan posttest 35 dengan simpangan baku kelas kontrol pretest adalah 7 dan posttest 12,45. Serta hasil uji hipotesisnya diperoleh thitung = 1,82 dan ttabel = 1,68. Berdasarkan hasil akhir dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan geogebra berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Serta berdasarkan hasil perhitungan uji Cohen’s effect size diperoleh pengaruhnya sebesar 0,562, nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Geogebra. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 02:26 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 02:26 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3562 |
Actions (login required)
View Item |