PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PAPAN CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMAN 5 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

TRISYE YOPITA HARAHAP, 2000888201027 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PAPAN CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMAN 5 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (519kB)
[img] Text
05. BAB I.pdf - Updated Version

Download (774kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Updated Version

Download (857kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PAPAN CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMAN 5 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024)
TRISYE YOPITA HARAHAP 2000888201027.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot, siswa kesulitan dalam menuangkan ide-ide dalam menulis teks anekdot. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik papan cerita terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 5 Batanghari. Metode yang digunakan adalah quasy experimental design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menghitung standar deviasi dari masing-masing populasi. Maka terpilihlah kelas X Fase E2 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X Fase E3 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 77,41, sedangkan kelas kontrol adalah sebesar 69,17. Uji persyaratan yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas untuk kelas eksperimen 0,060 > 0,05 dan untuk kelas kontrol 0,213 > 0,05 artinya data dalam penelitian ini normal. Hasil uji homogenitas 0,615 > 0,05 artinya data dalam penelitian ini homogen. Sehingga dapat dilakukan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (2,86>1,78) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik papan cerita berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 5 Batanghari.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, teks anekdot, teknik papan cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 02 Nov 2024 03:35
Last Modified: 02 Nov 2024 03:35
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3573

Actions (login required)

View Item View Item