TRISYE YOPITA HARAHAP, 2000888201027 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PAPAN CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMAN 5 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (260kB) |
|
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (519kB) |
|
Text
05. BAB I.pdf - Updated Version Download (774kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (100kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Updated Version Download (857kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (515kB) |
|
Text (PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PAPAN CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMAN 5 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024)
TRISYE YOPITA HARAHAP 2000888201027.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot, siswa kesulitan dalam menuangkan ide-ide dalam menulis teks anekdot. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik papan cerita terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 5 Batanghari. Metode yang digunakan adalah quasy experimental design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menghitung standar deviasi dari masing-masing populasi. Maka terpilihlah kelas X Fase E2 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X Fase E3 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 77,41, sedangkan kelas kontrol adalah sebesar 69,17. Uji persyaratan yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas untuk kelas eksperimen 0,060 > 0,05 dan untuk kelas kontrol 0,213 > 0,05 artinya data dalam penelitian ini normal. Hasil uji homogenitas 0,615 > 0,05 artinya data dalam penelitian ini homogen. Sehingga dapat dilakukan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (2,86>1,78) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik papan cerita berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 5 Batanghari.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, teks anekdot, teknik papan cerita |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 03:35 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 03:35 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3573 |
Actions (login required)
View Item |