PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) JALAN UNTUK LALU LINTAS BERAT BERDASARKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN BINA MARGA 2017 PADA RUAS JALAN TEMPINO – MUARA BULIAN

SHEILA ELYSIA TIFFANY, 1900822201042 (2024) PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) JALAN UNTUK LALU LINTAS BERAT BERDASARKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN BINA MARGA 2017 PADA RUAS JALAN TEMPINO – MUARA BULIAN. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) JALAN UNTUK LALU LINTAS BERAT BERDASARKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN BINA MARGA 2017 PADA RUAS JALAN TEMPINO – MUARA BULIAN)
SHEILA ELYSIA TIFFANY 1900822201042.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi perencanaan tebal perkersana kaku pada ruas jalan Tempino-Muara Bulian, khususnya pada segment STA 00+000 hingga STA 02+200. Ruas jalan ini mengalami kerusakan signifikan akbat peningkatan volume lalu litas kendaraan berat, terutama angkutan batubara. Analisis dilakukan untuk menentukan ketebalan perkersan kaku yang optimal untuk menahan beban yang bertambah dan membandingkannya dengan kondisi eksisting. Dengan menggunakan metode AASHTO 1993, ketebalan pelat beton yang dibutuhkan dihitung setebal 28,016 cm. Namun, Manual Desain Perkersan 2017 merekomendasikan pelat yang sedikit lebih tebal yaitu 29,3 cm. Sedangkan untuk kondisi eksisting setebal 30 cm, menunjukkan bahwa perkerasan saat ini telah dirancang dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti pertumbuhan lalu lintas di masa mendatang atau untuk mengakomodasi potensi kelebihan beban. Studi ini menunjukkan pentingnya desain perkerasan yang akurat untuk memastikan kemudahan servis jalan dalam jangka panjang dalam kondisi lalu lintas yang padat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkersan Kaku, Manual Desain Perkersan 2017, AASHTO 1993, beban lalu lintas, tebal pelat beton
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:00
Last Modified: 18 Nov 2024 02:00
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3724

Actions (login required)

View Item View Item