SHEILA ELYSIA TIFFANY, 1900822201042 (2024) PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) JALAN UNTUK LALU LINTAS BERAT BERDASARKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN BINA MARGA 2017 PADA RUAS JALAN TEMPINO – MUARA BULIAN. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (130kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
6. BAB I.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (184kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (140kB) |
|
Text (PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) JALAN UNTUK LALU LINTAS BERAT BERDASARKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN BINA MARGA 2017 PADA RUAS JALAN TEMPINO – MUARA BULIAN)
SHEILA ELYSIA TIFFANY 1900822201042.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi perencanaan tebal perkersana kaku pada ruas jalan Tempino-Muara Bulian, khususnya pada segment STA 00+000 hingga STA 02+200. Ruas jalan ini mengalami kerusakan signifikan akbat peningkatan volume lalu litas kendaraan berat, terutama angkutan batubara. Analisis dilakukan untuk menentukan ketebalan perkersan kaku yang optimal untuk menahan beban yang bertambah dan membandingkannya dengan kondisi eksisting. Dengan menggunakan metode AASHTO 1993, ketebalan pelat beton yang dibutuhkan dihitung setebal 28,016 cm. Namun, Manual Desain Perkersan 2017 merekomendasikan pelat yang sedikit lebih tebal yaitu 29,3 cm. Sedangkan untuk kondisi eksisting setebal 30 cm, menunjukkan bahwa perkerasan saat ini telah dirancang dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti pertumbuhan lalu lintas di masa mendatang atau untuk mengakomodasi potensi kelebihan beban. Studi ini menunjukkan pentingnya desain perkerasan yang akurat untuk memastikan kemudahan servis jalan dalam jangka panjang dalam kondisi lalu lintas yang padat.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkersan Kaku, Manual Desain Perkersan 2017, AASHTO 1993, beban lalu lintas, tebal pelat beton |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:00 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:00 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3724 |
Actions (login required)
View Item |